Skip to main content

Cara Membuat Sajadah Anak Karakter

Cara Membuat Sajadah Anak Karakter

Cara Membuat Sajadah Anak Karakter

Sajadah Anak Karakter. Mukena anak karakter tidak bisa lepas dari sajadah anak karakter. Membeli mukena anak pasti satu set dengan sajadahnya.

Kita sudah mempelajari tentang membuat mukena anak karakter pada artikel sebelumnya. Sekarang mari kita belajar membuat sajadah karakter anak.

Untuk membuat sajadah anak karakter, kain yang dibutuhkan kita samakan saja dengan mukenanya. Kita kombinasikan antara kain polos dan motif sama dengan mukena.

Pola Sajadah Anak Karakter

Namanya juga sajadah, pasti bentuknya persegi panjang. Hehehe ….
Untuk ukuran, kita pakai saja 40x85 cm.

Bahan Sajadah Anak Karakter

  1. Kain sajadah
  2. Kain alas (bawah) sajadah
  3. Benang
  4. Busa angin
  5. Kain Flanel
  6. Kain perca
  7. Lem fox

Cara Membuat Sajadah Anak Karakter

  • Potong kain untuk sajadah, kain untuk alas dan busa angin sesuai ukuran pola.
  • Gambar kain flanel atau kain perca sesuai karakter yang ingin kamu buat. Untuk anak laki-laki, biasanya memakai karakter kartun kendaraan. Sedang untuk perempuan, biasanya memakai karakter kartun perempuan atau bunga-bunga. Namun, jangan lupakan karakter masjid, ya.
  • Gunting kain flanel atau kain perca yang sudah kamu gambar.
  • Letakkan dan atur sedemikian rupa karakter-karakter tersebut pada kain sajadah.
  • Agar tidak geser, tempel dengan bantuan lem fox.
  • Bordir karakter yang sudah kamu tempel. Jika tidak ingin menggunakan mesin bordir, bisa dengan mengaplikasikan tusuk feston.
  • Tempelkan busa angin di bawah kain sajadah, jahit sekelilingnya.
  • Rapikan dengan cara menyetrikanya.
  • Tumpuk kain sajadah yang sudah terpasang busa angin dengan kain alas sajadah. Pastikan bagian baik kain terletak di dalam.
  • Jahit sekelilingnya. Sisakan bagian bawah sajadah.
  • Balik sajadah melalui lubang bawah yang tidak terjahit. Rapikan serapi mungkin.
  • Tutup lubang bawah dengan menjahitnya. Usahakan jahitan tetap di pinggir. Jangan terlalu ke tengah.
  • Jahit sekeliling sajadah.
  • Sajadah anak sudah jadi dan siap digunakan. 

Cara Menggambar Sajadah yang Mudah

Untuk point ke dua pada cara membuat sajadah anak karakter adalah menggambar sajadah atau bahan sajadah. Kegiatan menggambar ini memang terbilang cukup susah bagi orang yang payah dalam hal menggambar, seperti aku.

Nah, bagaimana mensiasati cara menggambar sajadah yang mudah? Cukup mudah, kok. Gambar saja karakter sajadah anak pada umumnya. Seperti masjid, pohon kelapa, mobil dan lain-lain.

Cara Menggambar Sajadah yang Mudah
Hasil browsing untuk menggambar sajadah yang mudah

Untuk cara menggambar sajadah yang mudah, kalian bisa browsing gambar-gambar yang dikehendaki di Internet. Katik saja keyword seperti: Animasi masjid, kartun islam, animasi mobil, dan sejenisnya. Cari gambar yang simpel yang menurut kalian mudah untuk ditirukan. 

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Cara Menggambar Sajadah yang Mudah

  1. Pensil
  2. Penghapus
  3. Penggaris
  4. Kertas karton
  5. Gunting
  6. Bahan referensi
Cara Menggambar Sajadah yang Mudah
Peralatan menggambar sajadah yang mudah


Untuk bahan referensi ini bisa berupa browsing lewat Internet, mencontoh gambar pada majalah anak, buku paket anak TK dan lain-lain. Semua bisa kalian gunakan sebagai bahan referensi untuk menggambar sajadah yang mudah.

Mulailah menggambar pada kertas karton. Hapus jika gambar sajadah sedikit kurang cocok. Pokoknya sesuaikan sendiri dengan model yang ingin kalian gambar.

Jika sudah selesai dan terlihat rapi, mulailah gunting gambar sajadah karakter tersebut. Gambar-gambar ini bisa kalian jadikan cetakan pada kain perca yang akan dibuat tempelan sajadah anak karakter.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara menggambar sajadah. Kalian bisa menggambarnya bersama si kecil agar lebih semangat untuk sholat nantinya.

Di pasaran, ada juga model set mukena anak dengan sajadah yang multifungsi. Selain digunakan untuk sajadah, bisa sekaligus untuk tas mukena.

Penting Dibaca:

 
Cara membuatnya cukup mudah. Tinggal tambahkan/pasang rets jepang pada sekeliling sajadah.

Cara Membuat Sajadah Anak Karakter
Mukena anak sajadah tas

Cara yang paling mudah lagi yaitu dengan cara memasang perekat magic tape velcro di samping sajadah. Jangan lupa pula pasang tali jinjing untuk pegangan tasnya.


Cara Membuat Sajadah Anak Karakter
Motif sajadah anak karakter

Namun, bagiku pribadi, aku lebih suka jika sajadah dan tas mukena adalah dua benda yang berbeda. Kenapa? Agar sajadah tidak cepat kotor karena juga difungsikan sebagai tas. Mukena yang ada di dalam tas pun tidak bersentuhan langsung dengan bagian dalam tas yang menjadi alas sajadah. Shalys Chan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->