Skip to main content

Arti dan Tips Cinta yang Wajib Kamu Ketahui

arti dan tips cinta yang wajib kamu ketahui
Arti dan tips cinta yang wajib kamu ketahui

CINTA. Satu kata yang hanya memiliki lima huruf, tapi sangat beragam maknanya. Hampir setiap orang berbeda dalam memaknai cinta. Mereka punya definisi sendiri-sendiri tentang cinta, tergantung dari pengalaman yang pernah ia alami.

Jika kamu sedang jatuh cinta, jangan menanyakan arti cinta pada orang yang sedang putus cinta. Sudah dipastikan, kamu akan kecewa mengetahui arti cinta versi mereka. Namun, bukan berarti tidak ada cinta yang tidak bisa didefinisikan. Karena tetaplah ada arti dari sebuah cinta.

Arti Cinta Singkat – Definisi Singkat dari Arti Sebuah Cinta

Semua orang punya rasa cinta. Namun, tidak semuanya mampu memaknai arti cinta. Ini karena cinta memang lebih mudah dirasakan, bukan diucapkan dalam sebuah bentuk kata-kata.
Banyak orang bertanya-tanya tentang arti cinta. Entah karena mereka sedang jatuh cinta, atau mungkin merasakan hati pasangannya telah berubah.

Arti cinta singkat. Secara umum, cinta ialah sebuah luapan emosi atau perasaan yang menggebu dalam diri seseorang pada suatu obyek tertentu. Secara bahasa, cinta tidaklah hanya dengan sesama manusia. Cinta bisa terjadi pada siapa saja dan dengan apa saja.
 
Tidak hanya sepasang kekasih yang bisa disebut saling cinta. Arti cinta tidak sesempit itu. Bahkan banyak di antara manusia yang lebih mencinta hartanya daripada orang yang mencintainya.
Sungguh membingungkan memang dalam memaknai arti cinta. Singkatnya seperti di atas tadi, sebuah luapan perasaan. Luapan-luapan tersebut di antaranya:

Perasaan Cinta Pada Diri Sendiri

Arti cinta pada diri sendiri adalah seseorang yang mencintai dirinya sendiri melebihi apapun. Seseorang yang memiliki cinta yang besar pada diri sendiri cenderung bersikap egois. Ia hanya memikirkan kemauannya sendiri. Ia tidak lagi peduli terhadap sekitar. Karena ia telah salah memaknai arti cinta.

Perasaan Cinta Pada Kekasih

Cinta pada kekasih inilah yang sering orang kaitkan dengan arti cinta sebenarnya. Serasa semua arti cinta memang tidak ada artinya jika bukan pada kekasih. Orang yang meluapkan cinta pada kekasih cenderung terobsesi untuk membahagiakan sang kekasih daripada segalanya.

Perasaan Cinta Pada Keluarga

Luapan cinta dalam keluarga seharusnya menjadi hal yang utama. Seseorang terbentuk berkat sebuah cinta kasih dalam sebuah keluarga. Maka, sudah selayaknya lah cinta dalam sebuah keluarga harus dipupuk dan dinomor satukan.

Perasaan Cinta Dunia

Arti cinta jenis ini adalah sebuah cinta yang hanya berpacu pada duniawi. Mereka yang selalu meluapkan cinta pada dunia merasa jika ia akan hidup selamanya. Mengumpulkan harta dan tidak peduli sesama adalah luapan atas arti cinta yang sedang diyakininya.

Perasaan Cinta Pada Agama, Bangsa dan Negara.

Cinta pada agama, bangsa, dan negara adalah suatu keharusan. Meskipun begitu, tetap ada batasan-batasan yang harus ditaati dalam meluapkan perasaan cinta pada agama, bangsa, dan negara. Salah satunya adalah dengan tidak menghina agama, negara, dan bangsa lain.

Perasaan Cinta Pada Hewan Peliharaan

Bukan hanya pada keluarga dan pasangan saja, sebagian orang kerap kali meluapkan cinta pada hewan peliharaan. Ia mengorbankan seluruhnya untuk hewan peliharaan tercintanya. Bahkan ada yang dimemilih ribut dengan orang lain hanya demi membela hewan peliharaan.

Itulah seputar arti cinta singkat. Singkat, namun padat. Arti cinta tak semudah diungkapkan dengan kata-kata. Namun, cinta juga tak serumit rangkaian kata. Intinya, cinta adalah luapan emosi pada seseorang ataupun sesuatu. Ia akan berkorban dan berusaha dalam membahagiakan cintanya. Dan itulah yang dinamakan cinta sejati.

Apa Itu Cinta Sebenarnya?

Cinta adalah perasaan yang bisa hinggap pada hati semua insan. Membuat banyak orang ragu tentang apa itu cinta sebenarnya. Pada sebagian insan yang sedang jatuh cinta, mereka sangat mudah mengatakan cinta.

Katakanlah mereka menyukai seorang lawan jenis. Ia berusaha membahagiakan orang yang disebutnya ‘pacar’. Semua ia korbankan, termasuk harga diri dan cintanya pada keluarga. Mereka begitu mudah mengaku cinta dan melabeli perasaannya dengan nama ‘cinta sejati’. Pertanyaannya, benarkah yang mereka katakan memanglah cinta sejati? Atau jangan-jangan … hanya sebagai wujud sebuah obsesi? Lantas apa itu cinta sebenarya?

Apa itu cinta sebenarnya? Ada yang bilang, jika kamu mendapatkan kebahagiaan dan kesedihan sekaligus, maka itulah cinta sebenarnya. Cinta akan melepaskan beberapa hormon yang membuatmu mabuk melayang. Cinta juga akan melepaskan hormon lain yang membuat jantung nadimu berdenyut lebih kencang. Dan saat itulah, kamu akan merasakan sakit hati dan sesak napas. Benarkah demikian? Apa cinta sebenarnya sungguh menyiksa?

Jika kamu masih bingung memaknai apa itu cinta sebenarnya, semoga catatan di bawah ini dapat mencerahkanmu.

Cinta Bukan Hanya Nafsu Belaka

Memang, cinta adalah sebuah ketertarikan. Namun, wujud meluapkan emosi cinta bukan hanya pada bentuk seksual belaka. Ketahuilah, cinta tidak datang tergesa-gesa. Perlu waktu untuk membangun sebuah cinta. Terlalu sempit jika mengatakan cinta hanyalah urusan seksualitas semata.

Rasa Hormat dan Tulus Adalah Cinta Sejati

Sepertinya tidak mungkin jika ada sebuah cinta tanpa adanya rasa hormat dan ketulusan. Seseorang akan sangat bahagia jika dihormati dan dicintai dengan tulus, terlebih pada pasangannya. Sedangkan cinta adalah suatu keinginan untuk membahagiakan orang yang ia cinta.

Adanya Komitmen dalam Cinta

Cinta tidak egois. Cinta bukan seenaknya saja. Harus ada kesadaran dalam berkomitmen di sana. Jika menjalin cinta dunia maya saja perlu pengakuan hubungan status, apalagi cinta sebenarnya? Berkomitmenlah pada diri dan cintamu. Setidaknya, sebuah kejujuran dan kepercayaan dapat menjadi pondasi dalam cintamu.

Cinta Selalu Bersama Menghadapi Masa Sulit

Kejujuran dan kepercayaan adalah modal utama sebuat cinta. Namun, itu saja tidak cukup untuk membuktikan cintamu adalah cinta sebenarnya. Cinta perlu ujian. Ujian cinta bukan hanya melalui orang ke tiga. Ada masa di mana cinta diuji dengan ujian begitu sulit. Dan, cinta sejati pasti tahu cara menyelesaikan ujian itu. Yaitu dengan tetap bersama dalam menghadapi masa-masa sulit.

Rasa Tidak Sanggup Untuk Meninggalkan

Tidak ada cinta tanpa masalah. Ujian tetaplah ada. Bersama menghadapi masa sulit adalah sebuah keharusan. Namun, kadang pertengkaran membuat seorang tak lagi bisa menghadapinya bersama. Pertengkaran seringkali meninggalkan rasa ingin pisah. Tapi jika cintamu adalah cinta sejati, pasti tidak mudah bagimu untuk menginggalkan cintamu. Kamu tidak akan sanggup untuk meninggalkannya. Apapun masalahnya.

Selalu Terbayang Dalam Ingatan

Jika ia adalah cinta sejatimu, ia akan selalu ada dalam ingatanmu. Ia sudah menjadi bagian dalam pikiranmu. Ingatanmu akan selalu merekam semua tentangnya, bahkan jika ada cinta lain yang mencoba mendekat. Meski jarak memisahkan, kamu tidak akan bisa mengadirkan orang lain dan menghapusnya dalam ingatanmu.

Berpikirlah untuk mengartikan apa itu cinta sebenarnya. Jika ada salah satu saja yang tidak terpenuhi, itu berarti cintamu mungkin bukan cinta sejati. Karena sejatinya, cinta sejati adalah sebuah kenyamanan tanpa tuntutan.

Apa Definisi Cinta Menurut Para Ahli? Bagaimana Mereka Berpendapat Tentang Cinta?

Sungguh beragam pendapat orang mengartikan apa itu cinta sebenarnya. Tidak adanya pengertian pakem, membuat orang tergoda mendefinisikan cinta menurut versinya, tak terkecuali para ahli. Mereka mencoba mengutarakan pendapatnya tentang apa itu cinta sebenarnya berdasarkan pandangannya masing-masing.

Definisi Cinta Menurut Kahlil Gibran

Cinta adalah kebebasan tunggal di dunia. Cinta membangkitkan semangat kemanusiaan dan gelaja alami pun tak dapat mengubah perjalanannya. Ibarat seekor burung yang cantik, ia ingin ditangkap, tapi menolak untuk disakiti.

Definisi Cinta Menurut Rabi’ah Al-Adawiyah

Cinta ialah ungkapan rindu dan gambaran perasaan yang terdalam. Siapa yang merasakannya, pasti akan mengenalinya. Dan pasti akan gagal bagi orang yang mencoba menyifatinya.

Definisi Cinta Menurut Scott Peck

Cinta adalah sebuah keinginan untuk mengembangkan diri dengan tujuan memelihara pertumbuhan spiritual diri sendiri maupun orang lain.

Definisi Cinta Menurut Swihart

Cinta merupakan usaha aktif dan produktif dengan melibatkan komitmen, perhatian, penghargaan, dan kebersamaan.

Definisi Cinta Menurut Jalaluddin Rumi

Cinta merupakan sumber segala sesuatu. Dunia dan kehidupan dapat terbentuk karena adanya cinta. Karena cinta adalah inti dari segala kehidupan dunia.

Definisi Cinta Menurut Quraish Shihab

Cinta adalah sebuah kecenderungan hati terhadap sesuatu karena nikmat dan manfaat yang diperoleh dari yang ia cinta.

Definisi Cinta Menurut Erich Fromm

Cinta adalah seni yang memerlukan pengetahuan dan latihan. Esensi dari cinta adalah adanya kreatifitas diri dalam memberi, bukan menerima.

Definisi Cinta Menurut Ashley Montagu

Cinta adalah perasaan untuk memperhatikan, menyayangi dan menyukai secara mendalam dengan disertai rasa rindu dan hasrat pada sebuah obyek.

Definisi Cinta Menurut Elaine dan William

Cinta ialah suatu keterlibatan yang dalam, dan diasosiasikan dengan munculnya rangsangan filosofi yang kuat.

Definisi Cinta Menurut Stenberg

Cinta adaalah sebuah kisah yang ditulis setiap orang. Kisah tersebut akan merefleksikan dari kepribadian dan perasaan seseorang pada sebuah hubungan.

Definisi Cinta Menurut Carl Rogers

Cinta merupakan keadaan dimengerti secara mendalam serta diterima dengan sepenuh hati.

Dari definisi cinta para ahli, kita dapat mengetahui apa saja makna dari sebuah kata cinta. Berjuta makna dari cinta. Dan cinta pun dapat juga menghasilkan bejuta rasa.

Rasa Cinta Adalah ….

Rasa cinta mampu mengundang pikiran untuk selalu memikirkan orang yang dicinta, selalu merasa bahagia saat bersama. Karena cinta berjuta rasa, rasa yang dihasilkan cinta pun memiliki beberapa rasa lain. Rasa itu diantaranya munculnya rasa cemburu dan cemas saat ia tak bisa dihubungi. Pun dengan saat orang yang ia cinta terlihat akrab dengan orang lain.

Jatuh cinta butuh sebuah proses. Begitu pun dengan rasa cinta. Jika seperti itu, bagaimana kebenaran dari kalimat ‘jatuh cinta pada pandangan pertama’? Faktanya, butuh waktu lama untuk mengartikan sebuah rasa cinta, memastikan yang ia rasakan adalah sebenar-benarnya cinta.

Jika kamu jatuh cinta dalam waktu singkat pertemuanmu, biasanya itu bukan murni sebuah rasa cinta. Bisa saja karena bercampurnya rasa cinta dengan sebuah nafsu. Nafsu yang membuatmu tergila-gila akan rasa cinta.

Ada beda antara rasa cinta dengan tergila-gila. Rasa cinta adalah rasa kasih sayang, rasa pengabdian pada orang yang ia cintai.

Sedangkan nafsu adalah rasa cinta tanpa disertai akal. Ia mengarah pada kekaguman dan ketertarikan pada orang lain. Membuat orang tersebut selalu terobsesi dengan rasa ingin memiliki.

Sedangkan tergila-gila adalah rasa cinta yang dangkal. Rasa cinta seperti ini biasanya hanya timbul pada saat sedang dimabuk cinta.

Apa Arti Cinta dan Sayang?

Tidak sedikit yang salah mengartikan rasa cinta. Pada sebagian orang menganggap cinta dan sayang adalah perasaan yang sama. Namun, sebenarnya kedua rasa itu ternyata memiliki arti yang berbeda. Karenanya, kamu juga harus tahu dan paham berbedaan kedua rasa tersebut.
Cinta ditunjukkan bagi orang yang lebih spesifik, khususnya bagi lawan jenis. Sedangkan sayang, bisa ditunjukkan bagi siapa saja.

Rasa cinta dan rasa sayang memang hampir sama. Bedanya, rasa sayang cenderung tak bersyarat. Rasa sayang adalah kunci dari kebahagiaan. Kasih sayang adalah pertumbuhan dari rasa cinta. Sayang memang tak bersyarat. Namun, cinta menuntutmu untuk bertanggung jawab, jujur, dan saling terbuka. Meskipun berbeda, tetap saja arti cinta dan kasih adalah satu kesatuan yang utuh.

Jika seseorang berkata, “aku mencintaimu, aku menyayangimu.” Jelaslah kamu sangat istimewa di matanya. Cinta adalah merupakan sebuah emosi yang kompleks. Ketika seseorang mengatakan kalimat itu, artinya ia memiliki rasa emosional seperti sebuah kecemasan, bahagia, senang, sedih, dan sebagainya.

Kalau kamu mencintai seseorang, otomatis kamu akan menyayanginya. Itu tidak berlaku kebalikan. Jika kamu menyayangi seseorang, belum tentu kamu juga mencintainya. Cinta memiliki kedudukan lebih tinggi daripada sayang. Cinta kadang mampu mematikan logika. Kamu akan selalu memaklumi dan memaafkan kesalahannya sebesar apapun kesalahan itu. Ia akan selalu benar di matamu. Dan mungkin karena inilah seseorang berpendapat bahwa cinta itu buta.

Definisi sayang bisa diartikan sebagai perasaan yang lembut. Saat kamu menyayangi seseorang, logikamu masih tetap berjalan. Kamu masih bisa membedakan apakah tindakannya benar atau salah. Kamu juga tidak bisa dengan mudah memaklumi kesalahannya. Kamu akan mencari sendiri kebenaran atas perbuatannya.

Perbedaan arti cinta dan sayangdari segi makna, cinta adalah sebuah perasaan yang kuat dan lebih spesial. Sedangkan rasa sayang adalah lebih kepada sebuah ketulusan.

Cinta adalah keinginan, sedangkan sayang adalah kebutuhan. Cinta memiliki rasa cemburu dan keinginan kuat untuk saling memiliki,  sedangkan sayang adalah sebuah ketulusan yang luas.

Beberapa Quotes Cinta dan Kata-Kata Cinta Romantis

Arti cinta begitu banyak, hingga tak mudah didefinisikan secara pasti. Meskipun begitu, semua orang pernah merasakan bagaimana rasanya cinta. Cinta bisa diungkapkan pada siapa saja dan kapan saja. tidak perlu menjadiseorang pujangga cinta hanya untuk mengungkapkannya. Kata-kata cinta dan quotes sederhana pun bisa mewakili perasaanmu.

Berikut adalah kata-kata cinta dan quotes cinta yang mampu membuat cintamu makin cinta:

“Aku semakin mencintaimu, sebab aku sudah percaya jika kau menyukaiku apa adanya. Bukan karena hal lain.” John Keats.
“Cinta adalah ketika kebahagiaan orang lain jauh lebih penting daripada kebahagiaanmu sendiri.” H. Jackson Brown.
“Kenapa tissue bermanfaat? Karena cinta tak pernah mengenal kemarau.” Sujiwo Tejo.
“Cinta tak mungkin tiba-tiba ada layaknya sebuah batu. Cinta harus dibuat layaknya sebuah roti. Ia akan selalu dibuat ulang untuk menghasilkan yang baru.” Ursula K. Le Guin.
“Setiap hal yang ada di tubuhmu, sama berharganya dengan semua yang kupunya. Semua akan tetap berharga, meski dalam siksaan dan sakit.” Chorlotte Bronte.

Setelah tahu tentang apa arti cinta dan sayang, selanjutnya aku ingin berbagi beberapa tips tentang cinta. Bagi kamu yang belum dianugerahi cinta, atau kamu yang ingin lebih memupuk rasa cinta, mungkin tips ini sedikit berguna buat kamu.

Tips Mendapatkan Cinta Serta Cara Agar Cepat Mendapat Pasangan

arti dan tips cinta yang wajib kamu ketahui
arti dan tips cinta

Hai … jomlowan jomlowati, apa kamu tidak ingin mencari pasangan hidupmu? Tidak iri dengan orang-orang yang ke mana-mana bawa pasangan di luaran sana? Aaah … tidak mungkin kalian tidak iri.

Memiliki pasangan baik yang masih status pacar maupun yang sudah halal adalah keinginan semua orang. Semua orang pasti ingin dicintai dan mencintai. Jangan pernah membantah itu. Itu adalah hal yang wajar.

Lantas bagaimana dengan dirimu yang masih sendiri? Cara apa saja yang sudah kamu tempuh untuk mendapatkan cinta? Jika masih saja gagal dengan caramu, aku ada beberapa tips mendapatkan cinta yang tidak ada salahnya untuk kamu praktekkan.

Lakukan Aktifitas Baru

Jika kamu belum juga mendapatkan cinta dengan aktifitas dan tempatmu yang sekarang, cobalah tips mendapatkan cinta dariku. Lakukanlah hal yang baru. Datangi tempat-tempat baru, dan lakukan hal-hal yang baru. Dari situ pasti kamu juga akan mendapat lingkaran teman yang baru.
Dengan lingkar teman yang baru, kesempatan untuk mendapat pacar pun semakin besar. Tidak menutup kemungkinan, cintamu adalah salah satu dari teman-teman barumu.

Pendekatan
Katakanlah kamu berhasil melewati tips mendapatkan cinta yang pertama dan sudah menemukan targetmu.  Maka langkah yang ke dua adalah lakukan pendekatan. Luangkan sedikit waktumu untuk sekadar berkomunikasi dan bertatap muka.

Kebanyakan, dari sebuah pendekatan inilah benih-benih cinta akan bermekaran. Orang akan merasakan jatuh cinta pada tahap ini. Jika kamu bertanya mengapa demikian? Ternyata percaya atau tidak, kebiasaan atau seringnya bertemu inilah penyebabnya. Orang akan cenderung jatuh cinta pada orang yang ia jumpai.

Namun, kamu juga harus tahu, jangan perlama-lama pada tahap ini. Atau cinta akan menguap begitu saja dan akan berubah, dan kamu kembali terjebak dengan lingkaran pertemanan.

Berpenampilan Menarik

Rasanya tips mendapatkan cinta yang ini sudah sering kalian terapkan. Wajar saja seseorang bisa jatuh cinta setelah melihat penampilan menarikmu. Berpenampilan menarik bukan berarti harus tampan atau cantik.

Kamu bisa merawat tubuhmu dan sedikit berhias agar tampil menarik. Gunakan pakaian terbaikmu dengan sedikit tambahan parfum saat hendak bertemu dengannya. Tonjolkan juga sisi menarikmu pada dirinya. Karena menarik bukan hanya dengan soal penampilan, tapi juga kepribadian.

Buat Dia Nyaman

Tips mendapatkan cinta selanjutya adalah buat ia merasa nyaman berada di dekatmu. Fisik seseorang, kecantikan, dan ketampanan semua itu pasti akan kalah dari sebuah kenyamanan. Meskipun bukan yang pertama, kenyamanan adalah hal yang utama.

Banyak cara membuat pasangan nyaman dengan kita. Obrolan ringan pasti bisa membuatnya nyaman. Cobalah memulai obrolan ringan dengannya. Jangan terlihat gugup saat sedang bersama. Jika kamu termasuk tipe orang yang sulit memulai suatu obrolan, mulailah dengan memberinya beberapa pertanyaan kecil.

Tak peduli seberapa menariknya dirimu, jika kamu tidak bisa membuatnya nyaman, semua akan sia-sia. Lambat laun ia akan meninggalkanmu dan mencari sebuah kenyamanan yang baru. Namun, jika telah nyaman denganmu, pasti ia akan sulit untuk lepas dan pergi darimu.

Pertahankan Karaktermu

Membuat ia nyaman itu wajib. Tapi mempertahankan karaktermu itu juga perlu. Tidak peduli berapa banyak tips mendapatkan cinta yang sudah kamu terapkan. Namun, jiika semua itu hanya dibuat-buat, buat apa?

Jadilah dirimu sendiri. Buatlah ia merasa nyaman dengan karakter aslimu. Jika kamu yakin ingin merubah karakter burukmu, maka ubahlah. Buanglah. Dan jangan tampilkan kembali sisi burukmu.

Seseorang akan mengenali dirimu dari karakter aslimu. Jangan sampai ia meninggalkanmu hanya karena sifatmu yang sering berubah. Buatlah ia merasa nyaman dengan karaktermu.

Tips Menjaga Cinta Dan Merawat Cinta Biar Awet

Setelah kamu menerapkan semua tips mendapatkan pasangan dan berhasil mendapatkan cinta, yang harus kamu lakukan adalah menjaga dan merawat cinta biar awet. Tentunya semua ingin hubungannya dengan pasangan terjalin harmonis dan awet sampai tua.

Tips Menjaga Cinta Dan Merawat Cinta Biar Awet
Tips Menjaga Cinta Dan Merawat Cinta Biar Awet

Hubungan yang berlangsung cukup lama pasti akan mengalami kejenuhan juga. Kegiatan yang monoton dan hilangnya romantisme sering menjadi awal sebuah pertengkaran, dan bertengkaran yang berlarut tak jarang akan mengarah pada perpisahan.

Sebab hubungan cinta haruslah tetap dijaga. Namun, tidak semua orang mengetahui cara-caranya. Akibat kesalahan dan ketidaktahuan itu, hubungan mereka pun akhirnya harus pisah ditengan jalan. Tentu kamu tidak mau, kan, hal itu juga terjadi padamu?

Sebelum hal itu terjadi dan  kamu akan menyesal selamanya, simak tips menjaga cinta di bawah ini.

Saling Jujur dan Percaya

Kejujuran dan kepercayaan adalah pondasi utama sebuah hubungan, terlebih hubungan antar pasangan. Sikap jujur dan percaya antar pasangan tidak hanya akan menghasilkan kebahagiaan, tapi juga membuat hubungan makin langgeng.

Ketika pasangan bisa saling jujur dan percaya, bisa membuat hubungan asmara makin membara. Dengan kamu bersikap jujur, rasa percaya ia padamu akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya. Jika tidak ada sebuah kejujuran, apa yang harus dipercaya? Jika tidak ada saling percaya, apa yang harus dipertahankan.

Berikan Apa yang Ia Mau

Cinta itu memberi, bukan sekedar menerima. Jangan bersikap egois dan hanya ingin diberi. Jika seorang pasangan saling memberi, bukankah berarti mereka juga saling menerima? Bayangkan jika ia selalu memberikan apa yang kamu mau? Jelas kamu akan bahagia.

Begitu juga dengan dirinya, ia juga pasti akan bahagia jika kamu memberi apa yang ia mau. Tapi catat, berikan apa yang ia mau selama permintaannya masih dalam patas wajar. Jika permintaannya sudah tidak wajar, mungkin kamu sedang dalam posisi ‘hanya dimanfaatkan’.

Katakan Cinta

Memang, cinta bukan hanya sekedar kata-kata. Bahkan ada yang bilang kalau sering mengatakan cinta akan membuat cinta kehilangan makna. Tapi itu  tidak sepenuhnya benar. Cintamu akan tetap ingin mendengar kata-kata cinta darimu. Tentunya kata cinta yang bukan hanya sekedar bualan semata.

Tidak perlu malu untuk mengatakan cinta. Tidak ada yang tidak suka mendengar pengakuan cinta dari pasangan.  Mau berapa lama kamu menjalin hubungan, ucapan cinta tetap perlu untuk diungkapkan. So, mulai sekarang jangan ragu untuk menerapkan tips menjaga cinta ini. Katakan cinta pada pasanganmu, sebelum ada orang lain yang berani mengucap cinta.

Hormati Privasinya

Seperti halnya denganmu, ia juga butuh privasi. Tidak semua hal bisa dibagi bersama, tidak semua hal juga bisa ia ceritakan padamu. Jika ia berkata, “sedang ingin sendiri,” itu berarti ia butuh waktu untuk sendiri. Maka, hargailah keinginannya.

Tidak terlalu mencampuri urusan pribadinya juga bisa membuat hubunganmu menjadi lebih awet. Ia akan lebih merasa diharga dengan tindakanmu yang menghormati privasinya. Menghormati privasi bukan lantas kamu mengacuhkan masalahnya. Tetap beri dia perhatian. Tawarkan sebuah solusi jika ia dalam masalah. Dan tetap jangan tinggalkan dia.

Jangan Melulu Bersama

Kalian memang pasangan, tapi bukan berarti harus selalu berduaan. Memang, dengan berduaan menjadikan hubungan makin erat. Namun, itu bukan berarti kamu harus selalu nempel bak perangko. Ada waktunya kalian jalan sendiri-sendiri.

Jangan terlalu mengekang, ia tidak akan suka itu. Biarkan ia menikmati dunianya, hobinya, pekerjaannya, keluarga, serta teman-temannya. Seperti yang dijelaskan pada tips menjaga cinta di atas, kamu harus menghormati privasinya. Olah rasa khawatirmu menjadi sebuah kepercayaan.
Selain itu, dengan tidak melulu bersama, akan timbul suatu rasa rindu. Rindu yang semakin dipupuk, akan semakin kuat pula cinta di dalamnya. Dengan rindu, membuatmu lebih menghargai kehadirannya. Begitu juga sebaliknya.

Segera Selesaikan Konflik

Tidak ada suatu hubungan tanpa masalah. Begitu pun dengan hubungan cinta kalian. Banyak orang yang mengindari konflik dengan alasan tidak suka berdebat. Mereka lebih memilih diam dan memendam masalah daripada mengutarakan hal yang mengganjal. Padahal, sebuah masalah yang dipendam dalam hati lama kelamaan akan mengakar.

Jika akar tersebut sudah sampai muncur di permukaan, akan lebih susah untuk diperbaiki. Hal itu pasti akan membuat hubungan cinta kalian menjadi suram. Jika sebuah konflik tidak segera diselesaikan, akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja. ketahuilah, sebuah masalah besar terjadii akibat masalah kecil yang belum sempat terselesaikan.

Tips Cinta Jarak Jauh Agar Hubunganmu Tetap Awet

Tips Cinta Jarak Jauh Agar Hubunganmu Tetap Awet
Tips Cinta Jarak Jauh Agar Hubunganmu Tetap Awet

Cinta jarak jauh, atau Long Distance Relationship (LDR) memang sedikit berat dijalankan. Rindu yang membuncah serta takut pasangan selingkuh adalah masalah umum yang dihadapi para pejuang LDR. Karena kedua masalah itulah pasangan cinta jarak jauh terpaksa mengaikhiri hubungan cinta meraka.

Meski demikian, tak jarang juga ditemui pasangan cinta jarak jauh yang berhasil mempertahankan hubungan cintanya. Karena mereka menyadari tentang faktor mengapa sampai menjalani hubungan cinta jarak jauh.
Berikut ada beberapa tips cinta jarak jauh yang bisa kamu praktekkan dengan pasanganmu yang jauh di sana agar hubungan kalian bisa awet.

Tetap Jaga Komunikasi

Komunikasi merupakan kunci dari sebuah hubunga cinta, terlebih cinta jarak jauh. Pada zaman yang serba canggih ini, seharusnya tidak ada lagi masalah dengan komunikasi. Manfaatkanlah teknologi untuk menjalin komunikasi cinta jarak jauhmu. Luangkan waktumu untuk sekedar menghubunginya dengan obrolan-obroan berkualitas. Setidaknya cara ini berguna sebagai obat rindu dan saling mengetahui kabar pasanganmu.

Saling Percaya

Cinta jarak jauh tentunya membutuhkan rasa saling percaya lebih besar dari sekedar hubungan pada umumnya. Jika rasa percaya itu sudah lenyap, lenyaplah juga hubungan cintamu. Kamu harus lebih bisa percaya dengan pasanganmu lebih dari siapapun. Jika ada yang berkata buruk tentangnya, mencari informasi tentang sebuah kebenaran lebih dianjurkan daripada harus menelan berita mentah-mentah.

Berkomitmen

Kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri jika kalian berdua saling mencintai dan bisa menjalani semua ujian cintamu. Yakinlah cintamu sedang diuji dengan sebuah jarak yang memisahkan kalian, dan kamu pasti bisa melewati ujian itu. Berkomitmenlah juga tentang hubungan kalian. Perjelaslah arah tujuan hubungan cinta kalian.

Jangan Terlalu Cemburu

Cemburu memang tanda sayang, tapi cemburu buta juga bisa menghilangkan orang yang kamu sayang. Cemburu yang berlebihan bisa memunculkan sikap curiga dan menuduhnya membabi buta. Apalagi posisi kalian berada pada jarak yang jauh. Cobalah berikan ia kelonggaran, berikan dia kepercayaan meski kadang tidak sesuai dengan hati nuranimu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Perasaan Cemburu yang Berlebihan.

Bersikap Sabar

Hubungan cinta jauh memang sangat menyiksa, apalagi dengan kurangnya rasa saling percaya. Dan di sinilah sebuah kesabaran diperlukan. Sabar untuk tidak bertemu dalam waktu yang lama, sabar untuk tentap penjaga sebuah komitmen yang sudah dibentuk. Jika kamu bisa bersabar, pastilah hubungan cinta jarak jauhmu akan berhasil.

Kunjungi Dia

Meski teknologi sudah serba canggih dan kalian bisa video call kapan saja, percayalah, bertemu pasangan secara langsung itu jauh lebih membahagiakan. Meskipun kalian menjalani hubungan cinta jarak jauh, bukan berarti kalian benar-benar tidak bisa bertemu. Mulai sekarang, agendakan untuk bertemu dengannya. Memang, cara ini tentunya perlu pengeluaran lebih. Namun, jika ini adalah cara terbaik, kenapa tidak kamu lakukan? Kamu lebih pilih mana? Cintamu?  Atau uangmu?

Bagaimana tips-tips cinta dariku? Menarik untuk dipraktekkan, bukan? Nantikan tips-tips cinta selanjutnya pada postingan yang akan datang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->