BLANTERVIO103

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Minggu, 01 Maret 2020

Tips dan Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula


Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula

Haaai … adakah di antara kalian yang suka menulis? Atau bahkan ada yang ingin menjadi seorang penulis? Ingin tahu apa saja seputar tips dan trik menulis bagi pemula? Jika jawabannya ‘iya’, yuk, kita belajar sama-sama.

Sebenarnya aku juga nggak mahir-mahir amat dalam hal tulis menulis. Tidak ada tips menulis khusus yang kupelajari. Aku hanya suka menulis, mencoba menuangkan apa yang ada di kepala, dan menyalinnya dalam bentuk tulisan. Dengan adanya sosial media dan berbagai platform kepenulisan, aku mulai menuangkan ide-ideku di sana.

Tentang respon pembaca, aku tidak terlalu peduli itu. Yang kufokuskan adalah bagaimana aku bisa terus menulis, menyalurkan hobi, dan juga sebagai terapi pengolah stress karena terlalu berfokus pada penyakit lupusku. Saat reader mulai banyak, baru aku sadar tentang beberapa tips menulis yang selama ini aku abaikan. Ternyata, seorang penulis profesional tidak hanya mengandalkan sebuah ‘hobi’ dalam kegiatan menulisnya.

Secara global, tulisan dibagi menjadi dua; fiksi dan non-fiksi. Seperti yang dulu kita pelajari di sekolah, fiksi adalah sebuah bentuk karangan imajinasi. Ada daya khayal yang dilibatkan di sana. Sedangkan nonfiksi adalah sebuah bentuk karangan yang ditulis berdasarkan kenyataan yang ada. Baik fiksi maupun non-fiksi, keduanya memerlukan tips dan cara menulis yang harus diterapkan.

Apa Saja Tips dan Cara Menulis yang Baik?

Ada beberapa cara menulis –sesuai pengalamanku- yang bisa kamu terapkan dalam menulis karya fiksi maupun non-fiksi. Ini merupakan tips umum bagi kamu yang ingin lebih menumbuhkan jiwa menulismu. Tujuannya hanya satu, agar tidak stag di tulisan pertamamu.

Tulis Saja Apa Yang Sedang Lewat Di Pikiranmu

Ini adalah tips menulis yang ditujukan untuk yang masih pemula sekali. Banyak penulis pemula yang masih bingung mau menulis apa dan harus mulai dari mana. Padahal jika kita jeli, apapun yang ada di sekitar, pasti bisa digunakan sebagai bahan content tulisanmu. Ide bisa dari mana saja, tak terkecuali dari lamunanmu. Jika ide kebetulan lewat, tangkap, tulis, dan kembangkan menjadi sebuah tulisan yang layak baca. Minimal untuk bacaanmu sendiri.

Contoh saja, ketika kamu sedang makan, dan menemukan ikan di makananmu masih menyisakan bau amis. Dari situ, bisa kamu jadikan bahan tulisanmu. Katakanlah  kamu ingin berbagi tips ‘Cara menghilangkan bau amis pada ikan’, judul itu bisa kamu kembangkan sendiri dengan sesuai pengalaman yang kamu ketahui.

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Menulis apa yang ada di pikiran

Selain tips dan trik, dari kejadian tadi bisa juga kamu kembangkan menjadi sebuah ide cerita. Mulailah bercerita seputar apa yang kamu kerjakan sebelum sampai sesudah kejadian. Bentuk ceritamu menjadi sebuah fiksi mini atau kembangkan menjadi sebuah pentigraf.

“Ternyata menulis bukan bakatku.”

Pernyataan itu sering sekali diucap oleh para penulis pemula. Penulis pemula akan sangat terkekang jika baru belajar menulis, sudah disuguhi dengan berbagai peraturan kepenulisan. Akibatnya, ia akan mulai bosan dan menganggap menulis itu sangat sulit. Tidak menuntut kemungkinnan, ia akan berhenti di jalan dan meninggalkan tulisannya. Tata bahasa memang penting, tapi memulai untuk menulis jauh lebih penting. Jadi, tips menulis awal bagi yang mulai belajar menulis dalam menggali ide adalah menulis apa yang sedang dipikirkan.

Menata Ide dan Pilih Topik yang Akan Kamu Tulis

Ide atau topik memang bisa datang dari mana saja. pikiran yang sedang lewat pun bisa kita jadikan ide. Namun, hanya dengan mengandalkan kejadian atau pikiran yang lewat saja, aku rasa tidak cukup. Menulis butuh profesionalisme, itupun jika memang kamu ingin menjadi seorang penulis sungguhan. Tips menulis akan selalu kamu butuhkan, terlebih mengenai menata ide dan memilih sebuah topik.

Tidak usah jauh-jauh untuk memilih topik yang akan kamu kerjakan. Tulis saja topik atau hal yang sudah kamu kuasai. Karena, sesuatu yang sudah dikuasai, cenderung akan lebih mudah disajikan dalam bentuk tulisan. Misalkan, kamu suka dunia menjahit. Tulis saja hal-hal seputar menjahit. Berbagi tutorial membuat mukena atau pola kemeja lebih mudah daripada harus menulis resep masakan. Karena memang kamu menguasai topik yang sedang kamu tulis.

Perbaiki Tata Bahasa Dan Peraturan Kepenulisan

Tata bahasa sangat penting bagi seorang penulis. Oleh karena itu, aku memilih ini sebagai tips menulis yang harus kamu pelajari. Sebenarnya point sebuah tulisan adalah pada tata bahasa. Banyak orang berpendapat bahwa tata bahasa adalah nomor satu yang harus dipelajari. Dan itu tidaklah salah.
Para pembaca akan lebih memilih bacaan dengan tata bahasa yang baik. Siapa yang akan betah membaca tulisan yang acak-acakan? Penempatan tanda baca yang keliru juga bisa membuat sakit mata para pembaca. Tidak mau, kan, tulisan hebatmu ditinggalkan gara-gara kekacauan dalam tata bahasa?

PUEBI (Peraturan Umum Ejaan Bahasa Indoesia) sudah banyak bertebaran di internet. Coba sedikit luangkan waktu untuk belajar tentang tips menulis satu ini. Jangan lupakan juga tentang KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). KBBI digunakan untuk pedoman pemilihan kata dalam tulisanmu. Melihat apakah kata yang kamu gunakan adalah kata baku atau bukan adalah sebagian fungsi KBBI. Kamu bisa download sendiri aplikasi KBBI di ponselmu. Mudah, bukan?

Baca juga : 

Belajar Disiplin Waktu

Jika kamu sudah paham tentang ketiga cara menulis di atas, tips menulis selanjutnya adalah belajar disiplin waktu. Penulis pemula biasanya menulis sesuka hati. Ingin menulis ya nulis, pas tidak ingin menulis ya tidak menulis. Hmmm … itu adalah sebuah  kesalahan besar. Sadarlah, Wahai Penulis Pemula. Apa kamu selamanya ingin menjadi ‘pemula’?

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Menulis butuh belajar disiplin waktu

Praktekkan cara menulis ini dengan benar. Pisau yang tajam pun jika tidak diasah pasti akan tumpul. Begitu pula dengan menulis. Keterampilan menulis juga butuh diasah, dan mengasahnnya ya dengan menulis setiap hari. Setiap hari menulis akan membuatmu terbiasa dengan kegiatan menulis.

Karena sudah tahu poin dari tips cara menulis ini, mulai sekarang menulislah setiap hari. Buat jadwal yang teratur dan belajarlah untuk mematuhi jadwalmu sendiri. Jangan selalu menunda tugas. Ada kalanya memiliki jadwal yang ketat adalah cara terbaik untuk berlatih menulis. Ingat! Ini semua demi kebaikan tulisanmu.

Jangan Tinggalkan Tulisan Tangan

Cara menulis selanjutnya adalah dengan menulis tangan. Mungkin sebagian orang sudah menghilangkan kebiasaan menulis tangan. Namun, menulis dengan tangan akan sangat diperlukan bagi seorang penulis. Kadang-kadang suatu ide bisa datang tiba-tiba bahkan saat kita tidak sedang menulis di media digital.

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Jangan tinggalkan menulis tangan

Menulis dengan tangan terbukti bisa meningkatkan kemampuan otak untuk lebih fokus. Tentu saja cara menulis yang satu ini sangat berguna buat seorang penulis. Lakukanlah sedikit senam jari, lenturkan otot tangan dan buatlah coretanmu di kertas. Kamu bisa gunakan ini sebagai kerangka tulisan. Pilih bagian mana yang akan kamu jadikan sebagai bahan tulisan kemudian pindailah ke lembar kerja digitalmu.

Setelah tahu sedikit manfaat menulis dengan tangan, apa kamu tidak ingin mencoba cara menulis yang satu ini?

Banyak Membaca

Membaca adalah suatu proses terpenting bagi seorang penulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula wawasan yang akan didapat. Semakin banyak wawasan yang didapat, tentu akan semakin mempermudah dalam cara menulis karyamu.

Membaca dapat membuatmu lebih banyak memiliki perbendaharaan kata. Tidak hanya itu,  pemilihan kalimat serta diksi pun dapat kamu peroleh dari banyak membaca. Kamu tidak perlu menghadapi masalah kosakata dan kalimat yang itu-itu saja. Cara menulis dengan banyak membaca pastinya juga akan memikat para pembaca. Efeknya, mereka juga pasti akan betah dengan tulisanmu.

Selain itu, dengan banyak membaca, kamu bisa tahu bagaimana teknik atau cara menulis para penulis hebat. Dari situ, kamu bisa meniru teknik-teknik mereka dan megaplikasikannya pada tulisanmu. Dengan begitu, tentunya karyamu pun lambat laun akan membaik dan berkualitas.

Baca dan Koreksi Tulisanmu sendiri

Setelah semua selesai dan menjadi sebuah karya tulis, belajarlah menjadi editor tulisanmu sendiri. Baca ulang semua tulisanmu dari awal hingga akhir. Teliti kembali mulai dari cara menulis sampai pengambilan kesimpulan.

Biasanya kesalahan yang sering terjadi pada seorang penulis pemula adalah cara menulis tata bahasa (PUEBI). Kurang menguasai teknik menulis akan menjadi bencana bagi tulisanmu. Selain itu, perhatikan pula pemilihan sebuah kalimat.

Pikirkan apakah kalimat tersebut cocok dan berpengaruh dalam tulisanmu atau tidak. Jika memang berpengaruh, biarkan kalimat itu ada pada tulisanmu. Jika kurang cocok, perbaiki lagi cara menulisnya. Jika memang tidak cocok dan tidak berpengaruh, hapus saja kalimatnya.

Masalah dalam kesalahan pengetikan juga tak jarang ditemui, bahkan pada penulis senior sekalipun. Kesalahan ini biasanya bukan murni berasal dari penulisnya. Ada kalanya akibat jari yang terpeleset atau terlalu lama menekan tuth keyboar. Namun, tetap saja itu merupakan suatu kesalahan yang harus diperbaiki.

Itu tadi adalah beberapa cara menulis bagi pemula secara umum. Lalu bagaimana dengan cara menulis fiksi maupun non-fiksi?

Pertama, mari kita bahas dulu cara menulis karya fiksi. Karya fiksi merupakan tulisan yang bersifat imajinatif, atau tidak nyata, meskipun diambil dari kisah nyata sekalipun. Berikut adalah beberapa contoh karya fiksi yang akan aku bahas bagaimana cara menulisnya.

Bagaimana Cara Menulis Cerpen? Samakah Dengan  Cara Menulis Novel?

Cerpen (Cerita Pendek) adalah  jenis karangan berbentuk prosa yang isinya menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh. Perjalanan hidup yang dimaksud meliputi segala macam konflik serta penyelesaiannya. Sesuai namanya, cara menulis cerpen ditulis dengan ringkas dan padat.

Hampir sama dengan cerpen, novel juga merupakan karangan prosa yang menceritakan kehidupan seeorang berikut konflik dan penyelesaiannya. Cara menulis novel  pun hampir sama dengan cerpen. Bedanya, jika cerpen adalah cerita pendek, novel cenderung lebih panjang. Novel selalu terdiri dari beberapa bab yang di dalamnya terdapat sub-bab sesuai dengan kebutuhan ceritanya.

Lantas, Bagaimana Cara Menulisnya?

Tentukan Unsur Cerpen atau Novel

Hal pertama dalam cara menulis kedua karya sastra ini adalah dengan menentukan unsur instrinsiknya. Berikut adalah unsur cerpen dan novel yang harus kamu tahu.

Tokoh

Tokoh adalah pelaku di dalam cerpen.  Tentu, menentukan tokok adalah sangat penting. Bagaimana bisa menulis sebuah cerita tanpa ada pelaku di dalamnya?

Watak

Setelah menentukan tokoh,  cara menulis selanjutnya adalah menulis watak dari semua tokoh. Watak hanya ditulis dalam rancanganmu, bukan diikutsertakan dalam tulisanmu untuk dibaca para pembaca. Biar pembaca sendiri yang merawa watak para tokoh.

Tema

Tentukan tema cerpen atau novelmu. Tema merupakan suatu gagasan pokok pada cerpen dan novel. Tentu saja cara menulis cerpen ataupun novel yang pertama dalah menentukan gagasan pokok.

Alur

Alur adalah jalan cerita. Tentukan alur apakah yang ingin kamu pilih. Kamu bebas memilih alur yang kamu suka. Entah itu alur maju, alur mundur, ataupun maju mundur. Bagaimana cara menulis alur dengan benar? Kita akan membahasnya dalam artikel selanjutnnya.

Latar

Latar terbagi menjadi tiga; latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Latar tempat adalah tempat di mana peristiwa dalam cerita itu terjadi. Latar waktu adalah waktu kapan cerita itu terjadi. Sedangkan latar suasana adalah suasana yang dirasakan tokoh saat peristiwa terjadi dalam cerita tersebut.

Sudut Pandang

Sudut pandang atau PoV (Power of View) adalah cara penulis menempatkan dirinya pada cerita tersebut. Ada tiga sudut pandang dalam cerita; sudut pandang orang pertma (PoV 1), sudut pandang orang ke dua (PoV 2), dan sudut pandang orang ke tiga (PoV 3).

Cara menulis sudut pandang dari ke tiga sudut pandang ini tentu berbeda. PoV 1 menggunakan kata ganti orang pertama, kebanyakan penulis memakai kata ‘aku’ daripada ‘saya’. PoV 2 menggunakan kata ganti orang ke 2 (kamu). Sedangkan PoV 3 menggunakan kata ganti orang ke tiga atau menempatkan dirinya sebagai orang yang bercerita.

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan sudut pandang, klik di sini.

Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah bagamana kamu menyampaikan cerita pada cerpen atau novelmu. Gaya bahasa pada setiap penulis tidaklah sama. Cara menulis gaya bahasa yang enak tentunya dengan banyak latihan dan membaca karya penulis senior.

Pesan

Unsur Instrinsik dalam cara menulis cerita yang terakhir yaitu Pesan. Setiap karya tulis harus mempunya amanat atau pesan moral yang dapat dipetik. Dianggap tidak ada isinya pada suatu cerita yang tidak mempunyai pesan moral di dalamnya.

Membuat Kerangka Karangan

Setelah tahu cara menulis dengan menentukan unsur cerita, selanjutnya adalah membuat kerangka karangan. Kerangka karangan atau outline sangat kamu perlukan dalam menulis, terlebih jika kamu ingin membuat cerpen atau novel. Kerangka karangan adalah rancangan pembuatan bahan cerita yang meliputi ide dan scene jalannya sebuah cerita.

Membuat kerangka karangan akan menyelamatkanmu dari tulisan yang melebar ke mana-mana. Cerita akan menjadi lebih terarah dah tetap pada jalurnya. Menulis kerangka karangan juga dapat mencegahmu dari masalah ‘kehabisan ide’. Mengapa bisa begitu? Jelas saja, karena kerangka karangan berisi tahapan cerita yang akan kamu sajikan sampai tamat.

Cara menulis kerangka karangan pun sangat mudah. Pikirkan saja jalan cerita dari awal hingga akhir yang akan ditempuh tokohmu. Buatkan coretan pada buku catatan khusus yang bisa kamu baca kapan saja.

Riset

Meskipun cerpen dan novel merupakan karya fiksi, kamu tetap tidak boleh melupakan riset. Riset tak kalah penting  bagi novel atau cerpenmu. Dengan riset, kamu akan terhindar dari yang namanya cacat logika.

Bayangkan saja jika kamu menulis cerita dengan setting tempat di Jepang bagian perkotaan. Kamu menceritakan bahwa di sana banyak sampah berserakan. Secara bahasa memang tidak melanggar, karena cerpen atau novel merupakan karya tidak nyata. Namun, apakah ceritamu benar? Faktanya di Jepang tidak ada sampah berserakan. Terlebih di daerah perkotaan.
Tidak malu, ketahuan reader ceritamu memiliki cacat logika?

Pakai Bahasa Yang Mudah Dimengerti

Memakai bahasa yang Mudah dimengerti juga menupakan cara menulis cerita. Maksudnya bagaimana?  Ingat! Yang sedang kamu garap adalah cerpen/novel. Kedua karya sastra itu menurapakan kategori bacaan cerita.

Memakai bahasa yang mudah dimengerti dapat membuat reader kerasan dengan ceritamu. Mereka tidak perlu lagi memikirkan arti kosa kata yang kamu pakai. Cara menulis gaya bahasa  juga harus kamu perhatikan. Metafora atau perumpamaan tidaklah penting pada sebuah cerita. Maka dari itu, hindari pemakaian metafora yang bertebaran. Perlu kamu ingat, kamu sedang menulis cerita, bukan puisi.

Cara Menulis dan Membuat Sebuah Puisi

Hmmm … cara menulis puisi, rupanya. Sebenarnya aku jarang menulis puisi. Jarang bukan berarti tidak pernah, ya. Oke, aku akan bahas cara menulis puisi yang biasanya aku dan para puitis lain gunakan.

Langkah dan Cara Menulis Puisi

Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis puisi. Namun, secara garis besar setidaknnya kamu harus paham hal-hal di bawah ini dulu:

Cari Inspirasi

Tidak perlu bingung dengan cara menulis puisi. Modal pertama yang harus kamu punya adalah sebuah inspirasi. Inspirasi bisa datag dari mana saja. saat kamu melihat pemandangan indah, sedang minum kopi, dll. Semua bisa dijadikan inspirasi. Bahkan saat sedang patah hati sekalipun.
Tentukan Tema

Setelah kamu mendapat sebuah inspirasi, cara menulis puisi selanjutnya adalah dengan menentukan tema. Tentukan tema sesuai dengan ispirasi yang sudah kamu dapat. Saat patah hati, misalnya, kamu bisa gunakan tema kesedihan dalam puisimu.

Pilih Kata yang Tepat

Puisi merupakan jenis karya sastra dengan bahasa yang penuh perumpamaan. Perlu pemikiran lebih untuk memahami sebuah puisi. Banyak majas di dalamnya. Cara menulis puisi pun harus dengan memilih kata yang tepat untuk dijadikan bagian dari puisimu.

Gunakan beberapa majas dalam menulis sebuah puisi. Kamu dapat memakai majas metafora ataupun majas perbandingan pada puisimu. Susun seindah mungkin puisimu untuk menarik para pembaca.

Perhatikan Rima dan Diksi

Rima merupakan pengulangan bunyi yang berselang, baik pada tengah maupun akhir sajak. Rima dapat membuat puisimu lebih menarik. Ituulah mengapa, cara menulis puisi degan memperhatikan rima adalah wajib. Tidak ada puisi tanpa rima. Kalaupun ada, pasti terdengar sangat rancu.

Kunci dalam cara membuat puisi adalah pada pemilihan diksi. Diksi ialah pemilihan kata yang tepat untuk dirangkai dalam sebuah tulisan. Tujuan dari diksi yaitu agar mendapatkan efek yang mengena seperti yang diharapkan.

Jika Rima adalah bunyi akhir kata dalam sajak (baik tengah atau akhir), maka diksi adalah pemilihan katanya. Asah otakmu dengan cara banyak bermain rima dan diksi. Kedua cara menulis puisi ini sangat penting untuk diterapkan dalam puisimu. Percayalah, memilihan rima dan diksi yang bagus akan menhasilkan puisi yang sangat bagus juga.

Ciptakan Suasana Sesuai Tema

Selanjutnya, cara menulis puisi adalah dengan menciptakan suasana sesuai tema. Jika kamu memutuskan untuk memilih tema kesedihan, sebisa mungkin ciptakan juga suasana sedih. Kamu bisa menonton video atau mendengarkan musik tentang kesedihan. Begitu juga dengan tema-tema yang lain.

Kamu akan gagal menulis puisi dengan baik jika salah menciptakan suasana pada temamu.  Tidak mungkin suatu puisi kebahagiaan, kamu karang dengan suasana hati yang sedih. Pasti akan kacau hasilnya.

Setelah tahu semua cara menulis puisi, maka segeralah untuk menulis. Jangan tunda lagi, segeralah menulis. Jangan sampai semua inspirasi dan suasana hati yang sudah kamu bangun akan hilang.

Bagaimana Cara Menulis di Wattpad?


Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Cara menulis di wattpad

Wattpad adalah platform kepenulisan yang dapat kamu manfaatkan untuk menampung ide ceritamu. Jika kamu suka membuat novel atau cerpen, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini. Aplikasi ini tidak berbayar, alias gratis. Enak, kan? Cara menulis di sana juga tidak ribet.

Wattpad dilengkapi dengan template yang sangat memadai bagi penulis. Kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara menulis di wattpad. Ada menu vote dan comment juga d sana. Dari itu kamu bisa melihat berapa banyak orang yang menikmati ceritamu.

Berikut adalah cara menulis di wattpad:

Punya Akun Wattpad

Pastikan kamu punya akun wattpad. Jika tidak punya, segeralah membuat akun wattpad. Kamu bisa mengunduhh aplikasi ini di playstore, ikuti petunjuk dari sana seperti kamu menginstal aplikasi lainnya.

Tentukan Genre

Cara Menulis yang Baik Bagi Pemula
Cara menulis di wattpad


Tentukan genre yang tepat untuk ceritamu. Banyak menu genre yang sudah disiapkan wattpad. Tidak perlu pusing dengan cara menulis genre, karena di sana kamu tinggal pilih saja.. Hmmm … mudah sekali. Jika masih bingun menentukan genre apa yang cocok untuk ceritamu, berkunjunglah ke sini untuk mengenal lebih jelas tentang macam-macam genre.

Tulis Deskripsi Cerita

Setelah menentukan genre, mulailah menulis deskripsi ceritamu. Deskripsi sama dengan blurb pada novel yang berwujud buku. Blurb atau deskripsi ini ada pada sambul buku bagian belakang. Deskripi digunakan untuk menarik para pembaca. Jadi, bagaimana cara menulis deskripsi?

Cara menulis deskripsi yaitu dengan cara tulislah deskripsi yang bersifat menjual. Buat pembaca penasaran dengan ceritamu. Jangan terlalu banyak deskripsi yang kamu buat, karena itu dapat membuat pembaca tidak lagi penasaran dengan ceritamu.

Pelajari juga: Perbedaan antara Blurb dan Sinopsis.

Mulailah Menulis

Genre sudah kamu tentukan, deskripsi juga sudah kamu tulis. Cara menulis cerita di wattpad selanjutnya adalah dengan memulai menulis cerita bersambungmu. 

Tentang bagaimana cara menulisnya, samakan dengan bagaimana kamu menulis novel seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ikuti langkah-langkah menulis cerpen dan novel yang telak kujelaskan sebelumnya.

Publikasikan

Bagian selanjutnya tentang cara menulis di wattpad adalah mempublikasikan ceritamu. Setelah semua cerita dalam satu bab sudah beres, mulailah mempublikasikan. Pilih tombol untuk mempublikasikan, dan ceritamu akan langsung terpublikasi.

Setelah membahas cara menulis karya fiksi, mari kita bahas juga cara menulis karya non-fiksi atau Karya nyata. Ingat, karya tulis ini sama sekali tidak ada unsur ‘menghayal’, semua berdasarkan fakta dan realita. Tulisan ini juga harus dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Sebenarnya banyak sekali macam-macam karya tulis non-fiksa. Namun, karena kesemuanya memiliki pengertian yang sama, maka aku hanya membahas secara keseluruhannya saja. Semua aku rangkum dalam satu pokok bahasan, yaitu cara menulis artikel.

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Artikel menupakan sebuah karangan fakta yang ditulis secara lengkap dengan mengupas tema-tema tertentu. Tujuan dari artikel adalah tentu saja menyampaikan suatu gagasan atau informasi pada pembaca.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel? Apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis artikel? Simak baik-baik tulisan di bawah ini.

Tentukan Tema

Semua karangan pasti membutuhkan tema, baik itu puisi, maupun prosa, tak terkecuali juga dengan menulis artikel. Dari semua cara menulis, pasti ada perintah menentukan tema. Kamu bisa mengangkat tema apa saja yang ada di sekitarmu. Atau bisa juga dengan mengangkat tema yang sedang menjadi topik perbincngan, jika aertikelmu adalah artikel berita.

Buatlah Kerangka Tulisan

Seperti cerpen dan novel, pengguaan kerangka tulisan bertujuan untuk mempersempit jangkauan karanganmu. Artikelmu akan menjadi lebih fokus dengan adanya kerangka tulisan. Cara menulisnya, buatlah kerangka tulisan tentang apa yang kamu rencanakan dalam artikelmu. Kamu bisa menulis kerangka tulisan pada sebuah lembar kertas, atau langsung ketik di laptopmu.

Lakukan Riset dengan Metode 5W 1H

Cara menulis artikel yang paling penting adalah dengan melakukan riset. Ingatlah, artikel adalah sebuah karangan nyata. Sebuah karangan yang harus kamu pertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan sampai orang menemui adanya ketidakbenaran dalam artikelmu.

Riset bisa dilakukan dengan membuat pertanyaan memakai metode 5W 1H. Ada banyak cara menulis artikel yang baik dalam mencari riset. Namun, dengan medote 5W 1H inilah semua kebutuhan dalam menentukan kerangka tulisanmu akan terpenuhi.

Buatlah rancangan pertanyaan dengan cara menulis kalimat tanya; ‘apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana’. Memasukkan unsur 5W 1H pada tulisaanmu adalah menupakan suatu dasar untuk mengasilkan artikel yang bagus.

Sertakan gambar

Gambar memang bukan bagian dari cara menulis artikel. Lebih tepatnya, merupakan bagian dari tips menulis artikel yang bagus. Menyertakan gambar pada artikel bisa membuat artikelmu menjadi lebih hidup.  Dengan menyertakan gambar, akan memperkuat kebenaran dalam artikelmu. Pembaca akan cenderung percaya jika artikel yang mereka baca disertai dengan gambar.

Baca Kembali Tulisanmu

Setelah semua cara menulis artikel sudah kamu terapkan, langkah terakhir adalah membaca kembali artikelmu. Jadilah editor untuk tulisanm sendiri. Pastikan sudah tidak ada kesalahan lagi dalam tulisanmu.

Demikian adalah cara menulis serta beberapa tips menulis bagi para penulis pemula. Kamu bisa menggunakan cara-cara tersebut dan mengaplikasikannya pada tulisanmu. Kamu tidak perlu lag pusing memikirkan bagaimana cara menulis cerpen, cara menulis puisi, cara menuli novel dan lainnya.

Semoga artikel ini mudah untuk kamu pahami dan dapat bermanfaat untuk kamu semua. Jadilah penulis yang dapat menyajikan tulisan dengan baik. Berlatih dan teruslah berlatih untuk mendapatkan tulisan yang bagus.

Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751